Kulit Sapi Bisa Jadi Sate Kulit

Selain menjadi krupuk rambah, kulit sapi pun bisa menjadi sate. Warga Kuningan Jawa Barat berinovasi dengan mengolah kulit sapi menjadi sate kulit. Walaupun masih belum familiar ditelinga masyarakat Indonesia, bagia warga kuningan sate kulit ini cukup digemari.

Dalam proses pembuatannya cukup memakan banyak waktu sekitar 10 jam, kulit sapi kering yang diambil dari Cirebon seharga 32 ribu per kilonya di cuci dan dibakar untuk menghilangkan bulu halus pada kulit. Setelah itu direbus selama 2 jam dan direndam dengan air dingin supaya mengembang.

Sama seperti sate kambing, kulit sapi juga dipotong kecil-kecil dan ditusuk. Ada sedikit perbedaan dalam pemasakan, sate yang biasanya dibakar untuk sate kulit dimasukan ke dalam bumbu plus dengan menu tambahan nasi atau lontong.

Warnanya yang kekuning-kuningan menandakan bahwa bumbu sate kulit berbeda dengan sate kambing. Tidak memakai bumbu kacang tapi bumbu terbuat dari bawang merah, bawang putih, garam, jahe, dan kunyit.

Meledaknya popularitas makanan ini di Kuningan, wajar jika banyak masyarakat menggemarinya karena 2.000 per 12 tusuk, ini sangat murah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s